Perbanyak Mengkonsumsi Warna Biru/Ungu

Perbanyak Mengkonsumsi Warna Biru/Ungu

Di postingan sebelumnya kita telah membahas perlunya mengkonsumsi makanan berwarna-warni dalam keseharian. Salah satunya adalah warna gelap diantaranya warna biru, ungu dan hitam. Warna pigmen biru, ungu dan hitam ini terkait dengan pigmen anthocyanin, merupakan pigmen yang larut dalam air yang telah dikaitkan  dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan sifat anti-penuaan dalam tubuh. Tergantung kepada tingkat pH-nya, pigmen anthocyanin ini dapat terlihat merah, ungu atau biru. Sumber bahan makanan berwarna biru, ungu, hitam ini mengandung lypocene, flavonoid, Vit D dan Vit K.

Manfaat dari mengkonsumsi bahan makanan berpigmen ini amat beragam, diantaranya :
1. Perlindungan terhadap cedera hati.
2. Penurunan tekanan darah yang signifikan.
3. Membantu meningkatkan penglihatan.
4. Memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat.
5. Melakukan penghambatan mutasi yang disebabkan oleh mutagen dan proliferasi sel kanker.
6. Melindungi terhadap kerusakan akibat radikal bebas.
7. Mencegah penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup seperti kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan neurologis.
8. Membantu meningkatkan kesehatan tulang
9. Membantu meningkatkan daya ingat.
10. Meningkatkan kesehatan saluran kemih. (Referensi: http: //www.ncbi.nlm.nih)

Ada beragam sumber makanan superfood endemik Indonesia dengan harga murah yang memiliki warna-warna ini, seperti telang, ubi ungu, kentang ungu, kol ungu, jamblang, lobi-lobi, blackberry, gowok, ketan hitam, jamur kuping, cincau hitam, leunca masak pohon dan sebagainya. Tidak perlu pusing dengan membeli bahan import mahal seperti blueberry dan lain-lain. Toh negara kita memiliki semuanya kok. Kami memiliki kebiasaan untuk menaruh segenggam bunga telang segar setiap memasak nasi atau membuat kue-kue yang memiliki dasar warna putih atau pucat. Dengan begitu kami memastikan selalu tercukupi kebutuhan akan warna exotic ini.

Sehat itu enggak perlu mahal khannnn? Yuk minimal kita menanam bunga telang untuk supply warna ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *