Permaculture Approach 2 – Water Management. Melakukan Retensi Dan Distribusi Air

Permaculture Approach 2 – Water Management. Melakukan Retensi Dan Distribusi Air

Setelah kita dapat menyimpan dan memanen air secara bijaksana, kita juga harus melakukan pendistribusian air secara bijaksana pula, ingat bahwa di dalam permaculture yang ditekankan adalah efisiensi, efektifitas dan optimalisasi. Permaculture BUKANLAH suatu metode yang menggunakan cara atau alat paling canggih atau terdepan dalam teknologi atau penerapan budget dan anggaran termahal, BIG NO.

Permaculture adalah jalan menuju kebijaksanaan penggunaan sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya kapital. Penghematan anggaran dan budget merupakan prioritas utama, kita dipaksa untuk mencari cara termudah, terefisien, terefektif dan termurah serta menggunakan apa yang ada disekeliling kita terlebih dahulu dalam berbagai situasi dan kondisi. Ingat kembali pembahasan kita mengenai jejak karbon atau carbon footprint bahwa kita menghindari sebisa mungkin pengeluaran jejak karbon yang banyak, dengan memprioritaskan penggunaan barang yang ada, dibandingkan membeli sesuatu yang baru. Kebijaksanaan adalah kunci.

Semua metode dalam permaculture lebih menitikberatkan kepada integrasi dengan alam, dan penggunaan bahan lokal yang tersedia disekeliling, teknologi hanya sebagai pendukung dan bukan merupakan skala prioritas. Oleh sebab itu tidak ada cara super keren dan hype dalam solusi permaculture, solusi dalam permaculture menekankan kepada slow and small solution sesuai dengan salah satu prinsip permaculture. Permaculture tidak mendukung metode atau cara-cara penggunaan energi dan jejak karbon yang berlebihan. “Cukup” adalah merupakan kemewahan dalam permaculture. Itulah sebabnya, banyak visitor yang mengunjungi kami menjadi bingung saat mereka tidak mendapati metode irigasi yang rumit dan mahal dengan selang2 panjang dimana-mana seperti pekebun organik lainnya. BIG NO for us. Efektif bukan berati ribet dan mahal.

BANANA CIRCLE
Cek kembali postingan kami mengenai banana circle dimana kami menggunakan banana circle ini sebagai penampungan dan pengolahan air limbah untuk kemudian secara alami akan dialirkan keseluruh penjuru kebun, oleh sebab itu kami tidak pernah menyiram kebun bagian belakang sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *