Permaculture Design System 4 – Menentukan Zona Permaculture

Permaculture Design System 4 – Menentukan Zoning/Sistem Zonasi

Zona permaculture adalah zona pertumbuhan di dalam desain. Perencanaan zona permaculture adalah sistem di mana lokasi elemen dalam desain ditentukan oleh :
1. Seberapa sering kita perlu menggunakan elemen.
2. Seberapa sering kita perlu merawat elemen.

Zona permaculture menghemat banyak waktu, energi serta jejak karbon dengan mengurangi perjalanan yang diperlukan. Hal sekecil ini membuat perbedaan besar. Zona penanaman dalam desain permaculture diberi nomor dari dalam ke luar. Zona permaculture adalah batas konseptual abstrak di sekitar rumah yang membantu kita bekerja dengan jarak untuk merencanakan penggunaan energi yang efisien.

Area di sekitar rumah dibagi menjadi zona permaculture bernomor 0 hingga 5, berdasarkan aksesibilitas dan frekuensi penggunaannya sehubungan dengan lokasi rumah atau tempat tinggal atau markas atau gubuk tempat anda beristirahat. Angka terendah menunjukkan area yang paling sering diakses, sedangkan angka tertinggi menunjukkan area yang paling jarang diakses.

CATATAN: Zona permaculture sering disalahpahami dalam desain Permaculture dan dianggap sebagai inti dari permaculture tersebut.
1. Zona permaculture bukanlah batas yang keras, mereka tidak perlu digambarkan oleh pagar atau struktur keras lainnya.
2. Zona permaculture dapat berbaur satu sama lain pada batas-batas mereka, ini paling sering terjadi dalam desain kehidupan nyata.
3. Zona permaculture tidak melingkar, bisa berbentuk apa saja, ditentukan oleh seberapa mudah diaksesnya area di sekitar rumah.
4. Zona permaculture bukanlah keberhasilan dari implementasi permaculture, melainkan sebagai supporting tools.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *